
Pekanbaru, 21 Oktober 2025 — Program Studi Administrasi Publik Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (FISIP UNRI) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Ruang PDAP, Pascasarjana FISIP UNRI. Kegiatan ini bertujuan memperkuat mutu pembelajaran serta menyelaraskan kurikulum dengan capaian pembelajaran lulusan (CPL), sejalan dengan dinamika dan tuntutan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA).
Workshop dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Auradian Marta, S.IP., M.A., sihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum, para Guru Besar, seluruh dosen homebase Prodi Magister Administrasi Publik (S2), serta dosen Prodi Administrasi Publik (S1)
Dalam sambutannya, Dr. Auradian Marta, S.IP., M.A., menegaskan pentingnya penyusunan RPS yang tidak hanya sesuai dengan standar akademik, tetapi juga relevan dengan kebutuhan DUDIKA.
“RPS harus menjadi panduan yang konkret bagi dosen dan mahasiswa dalam mencapai capaian pembelajaran. Kita ingin memastikan setiap mata kuliah mampu membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dan dunia industri, tanpa meninggalkan fondasi akademik yang kuat."
Sementara itu, Koordinator Program Studi Magister Administrasi Publik, Dr. Hasim As’ari, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan ini juga menjadi tindak lanjut dari terbitnya Permendikbud Nomor 53 Tahun 2024 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, yang menegaskan pentingnya penyusunan dan pengendalian dokumen pembelajaran sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi.

“Melalui workshop ini, kita tidak hanya memperbarui format RPS, tetapi juga memastikan kesesuaiannya dengan regulasi terbaru. Permendikbud 53 Tahun 2024 menekankan pentingnya keselarasan antara CPL, bahan kajian, dan metode pembelajaran. Karena itu, setiap dosen perlu memahami perannya dalam menjamin mutu proses belajar mengajar,” jelasnya.
Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Febri Yuliani, S.Sos., M.Si., Ketua Jurusan Ilmu Administrasi sekaligus pengurus IAPA, yang memaparkan materi tentang strategi penyusunan RPS berbasis capaian pembelajaran (Outcome Based Education) dan praktik penyusunan RPS yang efektif sesuai standar nasional pendidikan tinggi. Dalam pemaparannya, Dr. Febri menekankan pentingnya pendekatan inovatif dan kolaboratif dalam merancang RPS agar pembelajaran menjadi lebih adaptif dan bermakna.


Workshop berlangsung interaktif, di mana para dosen berdiskusi dan menyusun rancangan RPS yang relevan dengan perkembangan ilmu administrasi publik serta kebutuhan mahasiswa.
Sebagai tindak lanjut, Prodi MAP FISIP UNRI akan membentuk tim penyusun RPS yang bertugas melakukan pendampingan dan memastikan setiap RPS yang dihasilkan memenuhi standar akademik yang ditetapkan. Kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam menjaga kesinambungan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum berbasis capaian pembelajaran di FISIP UNRI. (RIRY)
Sumber: Humas FISIP Universitas Riau
Diterbitkan ulang oleh Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Riau

